Free AMIKOM Tak Punya OSPEK, Kenapa? - codysimpsonfansite.blogspot.com

AMIKOM tak punya OSPEK, kenapa?

AMIKOM tak punya OSPEK, kenapa?
Yogyakarta - Halo sobat pembaca setia Asomia, kali ini kita mau bahas tentang ospek di STMIK AMIKOM Yogyakarta. Kalau membahas tentang ospek pasti yang terbenak dalam pikiran kita yaitu dibentak, dihukum, dimarahi, disemuanya lah yang jelas sangat tidak menyenangkan dan tidak mengenakan hati, benar? ya mungkin sebagian besar seperti itu gambaran tentang ospek.
Tapi sebenarnya apa sih pengertian ospek itu? OSPEK atau Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus merupakan sebuah kegiatan kepada mahasiswa baru untuk memperkenalkan kepada mereka tentang kampus yang mereka akan gunakan untuk menuntut ilmu.  Kegiatan ini merupakan kegiatan institusional yang menjadi tanggung jawab Universitas atau kampus untuk mensosialisasikan kehidupan di Perguruan Tinggi dan proses pembelajaran yang pelaksanaannya melibatkan unsur pimpinan universitas atau kampus, fakultas atau jurusan, mahasiswa dan unsur-unsur lainnya yang terkait.
Pada dasarnya, tujuan adanya ospek ini sangat baik karena mampu untuk menggali potensi mahasiswa, namun yang menjadi perhatian adalah seringkali disi oleh kekerasan dalam bentuk verbal bahkan tidak jarang yang menerima kekerasan fisik dengan konsep junior harus tunduk dan patuh dengan seniornya.
Atas kontroversi inilah di STMIK AMIKOM Yogyakarta tidak menggunakan istilah OSPEK, lantas apa? STMIK AMIKOM menggunakan istilah PPM (Penggalian Potensi Mahasiswa). Apa Maksudnya? sebenarnya hampir sama dengan ospek hanya saja istilah ini jauh dari kengerian ospek yang pada umumnya, di dalam PPM AMIKOMdiisi dengan berbagai kegiatan aktif yang sangat baik dan sangat menyenangkan.
Di PPM AMIKOM tidak ada kekerasan baik verbal maupun fisik, di sini sangat menjunjung tinggi toleransi dan tidak ada istilah senior junior yang digembor-gemborkan.
Semua potensi mahasiswa dikeluarkan pada kegiatan ini, misalnya pada acara hiburan, semua mahasiswa diperkenankan menampilkan keahlian mereka masing-masing untuk mengembangkan potensi diri dan melatih mental, hal ini tentunya sangat baik dan menyenangkan jauh dari rasa jenuh, suntuk dan kejam. Dengan demikian kesan awal masuk perguruan tinggi menjadi lebih mengensankan.

Nah, inilah sedikit alasan kenapa STMIK AMIKOM tidak punya ospek, sekian sampai jumpa lagi.

0 Response to "Free AMIKOM Tak Punya OSPEK, Kenapa? - codysimpsonfansite.blogspot.com"

Post a Comment